Skip links

Perbedaan statistika deskriptif dan inferensia

Perbedaan statistika deskriptif dan inferensia

Penulis: Muh Idham Kurniawan

Apa sih perbedaan statistika deskriptif dan inferensia, kali ini swanstat akan membahas lebih rinci mengenai perbedaan tersebut

Statistika deskriptif berdasarkan R.E. Walpole merupakan metode statistika yang berhubungan dengan pengelompokan, peringkasan dan penyajian data sehingga menjadi informasi yang berguna.

Statistika inferensia adalah teknik statistika yang berhubungan dengan analisis data sampel sampai pada peramalan dan penarikan kesimpulan atas data populasi. Generalisasi dari hasil statistika inferensia selalu menghasilkan sifat yang tidak pasti karena berdasarkan pada informasi parsial sebagian data populasi. Oleh karena itu pendekatan statistika inferensia menggunakan ilmu peluang untuk menganalisisnya dan terkait dalam pengujian hipotesis penelitian. Teknik-telnik umum yang dipakai meliputi uji hipotesis, analisisvarians, teknik regresi dan korelasi.

Ilustrasi :

Data kelulusan selama lima tahun terakhir pada sebuah Perguruan tinggi di Bogor menunjukkan bahwa 75% diantaranya mahasiswa S1 lulus dengan nilai yang memuaskan. Nilai numerik 75% merupakan bentuk dari statistika deskriptif. Jika berdadarkan ini kemudian seseorang mahasiswa statistika menyimpulkan bahwa peluang dirinya lulus dengan nilai memuaskan adalah lenih dari 70%, maka mahasiswa tersebut telah melakukan inferensia statistic yang tentu saja memiliki sifat yang tidak pasti.

cek juga perbedaan statistika dan statisik

Dari hasil ilustrasi dan pengertian diatas jelas beda Antara statistika deskriptif dan statistika inferensia. Statistika deskriptif hanya terbatas dalam menyajikan data dalam bentuk table, diagram, grafik dan besaran lainnya, sementara statistika inferensia selain mencakup statistic deskriptif juga dapat digunakan untuk melakukan estimasi dan penarikan kesimpulan terhadap populasi dari sampelnya. Untuk sampai pada penarikan kesimpulan satistika inferensia melalui tahap uji hipotesis dan uji statistik.

Leave a comment

CAPTCHA ImageChange Image

This website uses cookies to improve your web experience.
Beranda
Konsultasi
Call Center
Cari Artikel
× Add a menu in "WP Dashboard->Appearance->Menus" and select Display location "WP Bottom Menu"