Skip links

Pengertian SPSS

PENGERTIAN SPSS

Pengertian SPSS, SPSS adalah sebuah program aplikasi yang memiliki kemampuan analisis statistik cukup tinggi serta sistem manajemen data pada lingkungan grafis dengan menggunakan menu-menu deskriptif dan kotak-kotak dialog yang sederhana sehingga mudah untuk dipahami cara pengoperasiannya. SPSS adalah salah satu program yang paling banyak digunakan untuk analisis statistika ilmu sosial sehingga kepanjangan SPSS adalah Statistical Package for the Social Sciences. versi pertama dirilis pada tahun 1968, diciptakan oleh Norman Nie, seorang lulusan Fakultas Ilmu Politik dari Stanford University, yang sekarang menjadi Profesor Peneliti Fakultas Ilmu Politik di Stanford dan Profesor Emeritus Ilmu Politik di University of Chicago.

PENGEMBANGAN SPSS

SPSS dirilis pertama kali pada tahun 1998. Kemudian sejak tahun 2009 SPSS telah diakuisisi oleh IBM Corporation sebagai software IBM Analytic. Selanjutnya perangkat lunak ini disebut IBM SPSS Statistics. Software ini dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java. SPSS tersedia untuk platform sistem operasi Microsoft Windows, Linux dan Mac OS. SPSS juga dapat diintegrasikan dengan bahasa pemrograman R, Microsoft.NET dan Python untuk penggunaan lebih lanjut.

PENGGUNAAN SPSS

SPSS digunakan oleh berbagai universitas, institusi, dan perusahaan untuk melakukan analisis data. Berikut beberapa contoh penggunaan SPSS,

  1. Melakukan riset pemasaran (market research).
  2. Analisis data survey atau kuesioner.
  3. Populer digunakan untuk penelitian akademik mahasiswa.
  4. Populer digunakan oleh keperluan pemerintahan seperti lembaga BPS.
  5. Data Mining.
  6. Membantu untuk pengambilan keputusan suatu perusahaan.
  7. Penelitian kesehatan masyarakat.
  8. Mendokumentasikan data.
  9. Representasi data statistik.

Lihat juga artikel terbaru disini 

Leave a comment

This website uses cookies to improve your web experience.
Beranda
Konsultasi
Call Center
Cari Artikel
× Add a menu in "WP Dashboard->Appearance->Menus" and select Display location "WP Bottom Menu"