Setup Menus in Admin Panel

swanstatistika02@gmail.com

Transformasi Data SPSS

       Salah satu aktivitas yang terkadang dibutuhkan dalam proses analisis data adalah transformasi data. Transformasi data merupakan teknik untuk mengubah nilai data menggunkan operasi matematika misalnya logaritma, kuadrat, akar, eskponen, dan operasi matematika lainnya. Tujuannya transformasi cukup beragam diantaranya mampu menghilangkan outlier, mampu menormalkan data, dan masih banyak lagi tujuan lainnya yang akan bersesuaian dengan kebutuhan analisis tertentu. Nah, SPSS menyediakan menu untuk transformasi variabel tertentu pada suatu data. Mari kita coba !

Klik Transform>>>Compute Variable

Kemudian akan muncul kotak seperti pada gambar di bawah ini

kemudian pada bagian target variable silahkan isi nama variabel baru yang merupakan hasil tranformasi dari variabel sebelumnya. Misalnya Anda ingin melakukan tranformasi logaritma pada variabel penghasilan sehingga pada target variable Anda bisa menulis log_penghasilan seperti pada gambar di bawah ini. Lalu pada Function Group ada banyak jenis transformasi dan misalnya Anda memilih salah satunya yaitu Arithmetic. Maka silahkan Anda pilih Arithmetic. hasilnya bisa Anda pada gambar di bawah ini

Misalnya Anda ingin melalukan tranformasi logaritma natural maka silahkan pilih Ln dan akan muncul tulisan pada Numeric Expression seperti pada gambar di bawah ini :

Kemudian pilih variabel yang akan ditranformasi misalnya penghasilan lalu pindahkan ke kotak Numeric Expression seperti pada gambar di bawah ini :

Kemudian klik OK

Hasilnya dapat Anda lihat di data view, kemudian pada gambar di atas dapat dilihat bahwa telah muncul variabel baru hasil transformasi logaritma dari variabel penghasilan dengan nama log_penghasilan.

Terima Kasih

Juli 3, 2021
Copyright © 2018 PT. Angsa Statistika Indonesia