Setup Menus in Admin Panel

swanstatistika02@gmail.com

Recode Variabel Numerik di SPSS

       Recode merupakan suatu teknik untuk mengubah data menjadi kategori tertentu. Biasanya recode banyak diterapakan pada variabel numerik. Misalnya, Anda memiliki variabel lama bekerja kemudian pada variabel ini ingin dibagi ke dalam tiga kategori(cepat,sedang,lama). Maka recode inilah yang menjadi solusi untuk menangani hal tersebut. Nah, SPSS menyediakan menu untuk recode variabel tertentu pada suatu data. Mari kita coba !

Klik Transform>>>Recode into Different Variables

Kemudian akan muncul kotak seperti pada gambar di bawah ini

Dalam contoh ini kita akan merecode variabel lamabekerja dari sekumpulan nasabah pada Bank tertentu. Maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah pindahkan variabel lamabekerja ke kotak sebelah seperti pada gambar di bawah ini

Kemudian pada bagian Output Variable dan pada Kotak Name silahkan isi nama variabel baru yang merupakan hasil dari recode variabel sebelumnya. Misalnya nama variabelnya adalah kategorilama. Kemudian silahkan klik Change maka kategorilama akan muncul pada kotak sebelah seperti pada gambar di bawah ini :

setelah itu klik Old and New values seperti pada gambar di atas dan akan muncul gambar seperti di bawah ini :

Pada variabel ini akan diubah recode menjadi tiga kategori yakni,
  a) kategori cepat (1) : \(lamabekerja \le 8\)
  b) kategori sedang (2): \(9 \le lama bekerja \le 15\)
  c) kategori lama (3) : \(lama bekerja \ge 16\)

Langkah pertama adalah menuliskan kategori cepat (1) : \(lamabekerja \le 8\) di SPSS dengan cara mengisi RANGE, LOWEST through value : dengan angka 8. kemudian pada bagian New Value dan Value diisi dengan angka 1 dimana angka 1 ini merupakan simbol dari kategori cepat. Gambarannya dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini :

kemudian kilik tombol Add, maka akan muncul tulisan pada kota Old–>New

Langkah berikutnya adalah menuliskan kategori sedang (2): \(9 \le lama bekerja \le 15\) di SPSS dengan cara mengisi RANGE : dengan angka 9 dan through dengan angka 15. kemudian pada bagian New Value dan Value diisi dengan angka 2 dimana angka 2 ini merupakan simbol dari kategori sedang. Gambarannya dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini :

kemudian kilik tombol Add, maka akan muncul tulisan pada kota Old–>New

Langkah berikutnya adalah menuliskan kategori lama (3) : \(lama bekerja \ge 16\) di SPSS dengan cara mengisi RANGE,value through HIGHEST : dengan angka 16. kemudian pada bagian New Value dan Value diisi dengan angka 3 dimana angka 3 ini merupakan simbol dari kategori lama. Gambarannya dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini :

kemudian kilik tombol Add, maka akan muncul tulisan pada kota Old–>New

kemudian kilik tombol Continue, maka akan kembali ke jendela sebelumnya seperti pada gambar di bawah ini

kemudian kilik tombol OK pada gambar di atas dan hasilnya dapat dilihat pada data views seperti pada gambar di bawah ini :

Hasilnya dapat Anda lihat bahwa terdapat variabel baru dengan nama kategorilama yang merupakan hasil recode dari variabel lamabekerja

Terima Kasih

Juli 5, 2021
Copyright © 2018 PT. Angsa Statistika Indonesia