Setup Menus in Admin Panel

swanstatistika02@gmail.com

Operasi Aritmatika Dan Manajemen Data Vektor pada R/R Studio Part 2

##Operasi Aritmatika
Operasi aritmatika berlaku juga pada data vektor, misalkan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan lain-lain.
Pada perkalian antara vektor bisamenggunakantanda *, dimanajikadilakukan perkalian antar vektor akan menghasilkan vektor yang lain. jika ingin menghasilkan sebuah matrix maka sebuah vektor harus dikalikan dengan transpose dari vektor yang lain dan menggunakantanda *%*%dalamperkaliannya, sehingga menjadi x1%*%t(x1).
##mengambil element pada vektor Untuk mengambil element tertentu pada vektor digunakan index atau posisi tertentu biasa disimbolkan dengankurung siku [ ]didalamkurung siku dimasukkan index atau posisi dari vektor. misal x1[2] berarti mengambil element ke 2 dari vektor x1. Jika ditambahi tanda negatif berarti menghilangkan element tersebut, misalnya x1[c(-1,-3)] atau bisa juga dituliskan x1[-c(1,3)], berarti dari vektor x1, elemen pertama dan ketiga tidak diambil.
##Memeriksa Vektor Kadangkala saat kita berhadapan dengan sebuah vektor, beberapa hal yang ingin diketahui, seperti banyak element data, type data, apakah ada data hilang, dll. berikut beberapa sintaks yang sering digunakan.
Untuk mengetahui Jumlah element pada vektor bisa menggunakan fungsilength()
Menghapus missing value pada vektor
Untuk menghapus missing value pada vektor, bisa menggunakan negasi dari pernyataan is.na, yaitu  !is.na(). !is.na(x) berarti menegasikan atau mencari nilai yang bukan merupakan missing value.
Mengganti missing value dengan nilai tertentu
Untuk mengganti missing value pada vektor dengan nilai tertentu bisa menggunakan fungsi is.na dan logical
Maret 29, 2021
Copyright © 2018 PT. Angsa Statistika Indonesia