Setup Menus in Admin Panel

swanstatistika02@gmail.com

Frekuensi Variabel Kategorik di SPSS

    Jika Anda ditanya bagaimanakah statistika deskriptif pada variabel kategorik ? Apakah rata-rata, modus, median ? tentu bukan sobatku. Lantas Apa bentuk statistika deskriptif pada variabel kategorik ? jawabannya adalah frekuensi pada setiap kategorinya. Setelah itu kita juga bisa melihat persentase dari frekuensi tersebut. Nah, kali ini kita akan mencoba mencari frekuensi variabel kategorik menggunakan SPSS. Mari kita coba !

Klik Analyze >>> Descriptive Statistics >>> Frecuencies

Kemudian akan muncul kotak seperti pada gambar di bawah ini

Kemudian pindahkan variabel kategorik misalnya jeniskelamin ke kotak Variable(s) . Jangan lupa centang Display frequency tables seperti pada gambar di bawah ini

Kemudian klik OK maka akan muncul output seperti pada gambar di bawah ini :

Dari output dapat Anda lihat frekuensi untuk masing-masing kategori jenis kelamin di kolom Frequency dan persentase di kolom Percent. Dari total responden 56000 orang terdapat 44775 laki-laki dan 11225 perempuan. Jumlah laki-laki jauh lebih besar dibandingkan dengan perempuan dalam penelitian ini. Hal ini juga tergambarkan jelas dalam persentasenya dimana dari 100 % responden terdapat 80 % laki-laki. Sehingga jika kita bandingkan jumlah laki-laki dengan perempuan, maka perbandingannya 80:20 atau 4:1.

Terima Kasih

Juli 7, 2021
Copyright © 2018 PT. Angsa Statistika Indonesia