Setup Menus in Admin Panel

swanstatistika02@gmail.com

Rank Data SPSS

       Salah satu aktivitas yang terkadang dibutuhkan dalam proses analisis data adalah Ranking data. Ranking merupakan teknik untuk memberikan nomor urut dari yang terkecil atau yang terbesar pada suatu variabel numerik. Sebagai contoh, suatu perusahaan memiliki data pelanggan dan terdapat informasi besar penghasilan pelanggan mereka perbulan.Kemudian si perusahaan ini ingin memperoleh data nomor urut atau ranking pada pelanggan berdasarkan variabel penghasilan. Ketika dilakukan secara manual maka akan memakan waktu yang cukup lama sehingga dibutuhkan bantuan software. Nah, SPSS menyediakan menu untuk memberikan ranking berdasarkan variabel tertentu pada suatu data. Mari kita coba !

Klik Transform>>>Rank Cases

Kemudian akan muncul kotak seperti pada gambar di bawah ini

Misalnya Anda ingin membuat ranking pada variabel penghasilan maka pindahkan variabel penghasilan ke kotak sebelah seperti pada gambar di bawah ini. Pada bagian Asign Rank 1 to, Anda harus memilih diantara Smallest value atau Largest value.
 a) Smallest value : ranking 1 jatuh pada angka terkecil
 b) Largest value : ranking 1 jatuh pada angka terbesar

Kemudian klik Ties lalu akan muncul kotak baru lalu pilih Sequential ranks to unique values lalu klik Continue >>> OK

Untuk melihat hasilnya, silahkan lihat hasilnya di data view. hasilnya sebagai berikut :

Dari tabel dapat Anda lihat variabel/kolom terbaru dengan nama Rpenghasilan. kolom tersebut merupakan ranking atau nomor urut nasabah yang dihasilkan berdasarkan variabel penghasilan

Juni 30, 2021
Copyright © 2018 PT. Angsa Statistika Indonesia