Setup Menus in Admin Panel

Salah satu cabang ilmu statistik yang digunakan untuk membuat keputusan adalah uji hipotesis. Hipotesis adalah suatu anggapan atau pernyataan yang mungkin benar dan mungkin juga tidak benar tentang suatu populasi. Dengan menggunakan uji hipotesis, peneliti dapat menguji berbagai teori yang berhubungan dengan masalah-masalah yang sedang diteliti. Penggunaan Uji T dapat digunakan dalam berbagai bidang yaitu pertanian, peternakan, industri dan sebagainya.

Salah satu metode untuk menguji hipotesis adalah sample t-Test, dimana metode sample t-Test dibagi menjadi tiga, yaitu one sample t-Test, paired sample t-Test dan independent sample t-Test. Uji hipotesis t-Test adalah uji hipotesis yang digunakan untuk mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata dari sampel yang diambil.

One sample t test merupakan teknik analisis untuk membandingkan satu variabel bebas. Teknik ini digunakan untuk menguji apakah nilai tertentu berbeda secara signifikan atau tidak dengan rata-rata sebuah sampel. Pada uji hipotesis ini, diambil satu sampel yang kemudian dianalisis apakah ada perbedaan rata-rata dari sampel tersebut.

Paired-sample t-Test merupakan prosedur yang digunakan untuk membandingkan rata-rata dua variabel dalam satu group. Artinya analisis ini berguna untuk melakukan pengujian terhadap satu sampel yang mendapatkan sutau perlakuan yang kemudian akan dibandingkan rata-rata dari sampel tersebut antara sebelum dan sesudah perlakuan.

Independent sample t-Test adalah uji yang digunakan untuk menentukan apakah dua sampel yang tidak berhubungan memiliki rata-rata yang berbeda. Jadi tujuan metode statistik ini adalah membandingkan rata-rata dua grup yang tidak berhubungan satu sama lain. Pertanyaan yang coba dijawab adalah apakah kedua grup tersebut mempunyai nilai rata-rata yang sama ataukah tidak sama secara signifikan.

Course Curriculum

Pertemuan 1
Konsep Dasar Uji T FREE 00:03:00
Materi utama pertemuan materi meliputi Gambaran umum mengenai uji T, Tujuan Uji T, Penggunaan Uji T, Jenis Uji T.
Pertemuan 2
One Sample T Test 00:05:00
Materi utama pertemuan meliputi Pengantar uji T satu sampel, Hipotesis, Statistik Uji, Kriteria Uji, Ilustrasi.
Pertemuan 3
Penerapan One Sample T Test dengan SWANSTAT FREE 00:05:00
Materi utama pertemuan meliputi ilustrasi conth kasus dan pengelohannya dengan aplikasi SWANSTAT
Pertemuan 4
Paired T Test 00:05:00
Materi pertemuan meliputi Pengantar uji T dua sampel berpasangan, Hipotesis, Statistik Uji, Kriteria Uji, dan Ilustrasi.
Pertemuan 5
Penerapan Paired T Test dengan SWANSTAT 00:06:00
Materi utama pertemuan meliputi ilustrasi contoh kasus dan pengelohannya dengan aplikasi SWANSTAT
Pertemuan 6
Independent T Test 00:06:00
Materi utama pertemuan meliputi, Pengantar uji T dua sampel saling bebas, Hipotesis, Statistik Uji, Kriteria Uji, Ilustrasi.
Pertemuan 7
Penerapan Independent T Test dengan SWANSTAT 00:07:00
Materi utama pertemuan meliputi ilustrasi conth kasus dan pengelohannya dengan aplikasi SWANSTAT
TAKE THIS COURSE
6 STUDENTS ENROLLED
Copyright © 2018 PT. Angsa Statistika Indonesia

Salam Swanstat! Untuk Kontak layanan pelatihan, dashboard, survey, kerjasama, dan lain-lain, kami akan menghubungi Anda sesegera mungkin.

Kami Siap membantu anda