Setup Menus in Admin Panel

Structural Equation Modeling (SEM) merupakan teknik analisis multivariat yang dikembangkan untuk menutupi keterbatasan yang dimiliki oleh model regression analysis (analisis regresi), path analysis (analisis jalur), analisis model simultan dan confirmatory factor analysis (analisis faktor konfirmatori). Terkadang pada penelitian ilmu-ilmu sosial ataupun perilaku, proses dari pengukuran karakteristik terhadap subjek tidak dapat dilakukan secara langsung, melainkan harus melalui indikator-indikator yang merupakan manifest atau refleksi dari suatu variabel  yang ingin diukur.

Variabel  tersebut ialah merupakan variabel yang tidak dapat diamati secara langsung dikarenakan bersifat laten, sedangkan indikator-indikator dapat diamati secara langsung. SEM adalah suatu teknik analisis statistik untuk mempelajari hubungan sebab akibat antar variabel laten (model struktural)  dan hubungan antara variable laten dengan indikator (model pengukuran). Di dalam analisis SEM model pengukuran bisa berupa model analisis regresi, analisis jalur dan analisis model simultan, sedangkan pada model pengukuran menggunakan analisis factor konfirmatori.

Course Curriculum

Pertemuan 1
Pengantar SEM FREE 00:03:00
Materi utama pertemuan meliputi Pengertian dan filosofi SEM
Pertemuan 2
Variabel Dan Model 00:08:00
Materi utama pertemuan meliputi komponen dalam SEM seperti variabel, error, dan bentuk model
Pertemuan 3
Tahapan, Asumsi, dan Spesifikasi SEM 00:10:00
Materi utama pertemuan meliputi Asumsi, tahapan, dan Spesifikasi dalam SEM
Pertemuan 4
Identifikasi, Estimasi, dan Kecocokan Model 00:13:00
Materi utama pertemuan meliputi Identifikasi model SEM, Estimasi Parameter, Pengujian Kecocokan Model.
Pertemuan 5
Respesifikasi, Pengujian, dan pengaruh Parameter Model 00:07:00
Materi utama pertemuan meliputi Respesifikasi model, Pengujian model pengukuran, Pengujian model structural, Pengaruh langsung, tidak langsung dan total.
Pertemuan 6
Ilustrasi Contoh Kasus SEM dan Pengolahan Data FREE 00:12:00
Materi utama pertemuan meliputi Ilustrasi Contoh kasus dalam SEM beserta cara pengolahan data menggunakan Aplikasi SWANSTAT
Pertemuan 7
Interpretasi Hasil Model SEM 00:09:00
Materi utama pertemuan meliputi Interpretasi Model Struktural dan pengukuran SEM
Pertemuan 8
Interpretasi Pengujian Asumsi Model SEM 00:08:00
Materi utama pertemuan meliputi interpretasi asumsi dalam pemodelan SEM.
Pertemuan 9
Pengaruh Variabel Mediasi 00:06:00
Materi utama pertemuan ini meliputi pengujian pengaruh variabel mediasi

Course Reviews

5

5
1 ratings
  • 5 stars0
  • 4 stars0
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0

No Reviews found for this course.

 Bergabunglah Bersama Kami

SWAN merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang data analitik, survey metodologi, dan teknologi yang didirikan pada Februari 2016 dan secara konsisten memberikan pelayanan terbaik ke berbagai kalangan diantaranya mahasiswa, dosen, peneliti, perusahaan, dan lain-lain . Saat ini, kegiatan utama yang dilakukan SWAN adalah membuat aplikasi statistik yang user firiendly, jasa konsultansi, pelatihan, kajian keilmuan, serta survei pemetaan dan evaluasi. SWAN didukung oleh tim yang memegang gelar dari universitas-universitas terbaik yang selalu siap membantu memberikan solusi terhadap masalah-masalah anda.

SWAN juga turut aktif dalam melakukan edukasi statistika baik secara online maupun offline. Beragam kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk edukasi tersebut, diantaranya membuat video tutorial berbasis online, membuat artikel-artikel secara komprehensif dan berkelanjutan, melakukan diskusi-diskusi terbuka, melakukan seminar dan kegiatan-kegiatan inovatif lainnya untuk mencapai tujuan tersebut

Peserta Online

There are no users currently online
top
Copyright © 2018 PT. Angsa Statistika Indonesia

Salam Swanstat! Untuk Kontak layanan pelatihan, dashboard, survey, kerjasama, dan lain-lain, kami akan menghubungi Anda sesegera mungkin.

Kami Siap membantu anda