Setup Menus in Admin Panel

Data deret waktu merupakan data yang dicatat/dikumpulkan berdasarkan periode waktu tertentu (tahunan, semester, triwulan, bulanan, mingguan dan harian). Pada deret waktu terdapat empat pola data yaitu:

  1. Pola data horizontal, yang terjadi bila data berfluktuasi di sekitar rata-rata yang konstan.
  2. Pola data musiman, yang terjadi ketika suatu deret dipengaruhi oleh faktor musiman (misalnya kuartal tahun tertentu, bulanan, atau hari-hari pada minggu tertentu).
  3. Pola data siklis, yaitu ketika data dipengaruhi oleh fluktuasi ekonomi jangka panjang seperti yang berhubungan dengan siklus bisnis.
  4. Pola data trend, terjadi bilamana kenaikan atau penurunan sekuler jangka panjang dalam data.

Ruang lingkup analisis deret waktu yaitu pemulusan (smoothing), merupakan pendekatan yang dilakukan dengan memuluskan data sehingga pola utama data menjadi lebih jelas. Metode yang digunakan pada smoothing adalah Moving Average, Exponential Smoothing dan Metode Winter. Tujuan dari smoothing adalah membantu melihat pattern atau polanya sehingga bisa melihat atau meramalkan pola untuk data berikutnya. Ruang lingkup selanjutnya yaitu Pemodelan (Modelling), pendekatan yang dilakukan adalah mengembangkan model tertentu di dalam mengenali pola data, model yang pada analisis deret waktu yaitu ARIMA, ARCH, dan GARCH.

Penerapan deret waktu biasanya digunakan dalam data konsumsi, data investasi, data ekspor, data IHSG, data pengangguran, data produksi tanaman, dan data lainnya yang dicatat dari waktu ke waktu tahunan, semesteran, triwulanan, bulanan, mingguan dan harian.

Pada pertemuan ini akan diberikan bahan pelajaran berupa video yang terdiri dari konsep Analisis Time Series, penerapan, dan cara pengolahan data.

Course Curriculum

Pertemuan 1
Pengantar Analisis Deret Waktu FREE 00:05:00
Materi utama pada pertemuan ini adalah definisi Data Deret Waktu, Pola data deret waktu (Konstan, trend, siklis, musiman), Metode analisis deret waktu, Smoothing dan modeling
Pertemuan 2
Metode Smoothing 00:02:00
Materi utama pada pertemuan ini adalah Konsep dasar smoothing, Macam-macam metode smoothing, Moving average, exponensial, winter.
Pertemuan 3
Metode moving average 00:08:00
Materi utama pertemuan ini adalah Konsep dan Tujuan Moving Average, Single Moving Average, Double Moving Average, serta contoh tahapan peramalan.
Pertemuan 4
Metode Exponential 00:05:00
Materi utama pertemuan ini adalah Konsep dan Tujuan Moving Average, Single Exponential, Double Exponential, serta contoh tahapan peramalan.
Pertemuan 5
Pemilihan Metode 00:05:00
Materi utama pada pertemuan ini adalah Metode kesalahan peramalan terkecil seperti MSE, RMSE, MAE, dan MAPE beserta contoh penggunaannya.
Pertemuan 6 & 7
Stasioneritas 00:11:00
Materi utama pada pertemuan ini terdiri dari Stasioner Ragam, Stasioner rataan, Contoh pola data stasioner dan tidak stasioner, ACF, ACF, dan Pengujian Stasioneritas.
Pertemuan 8
Model ARMA untuk Data Stasioner 00:05:00
Materi utama pertemuan ini terdiri dari Model AR, Model MA, Model ARMA, dan Identifikasi Model.
Pertemuan 9
Model ARIMA untuk Data Tidak Stasioner 00:05:00
Materi utama pertemuan ini terdiri dari Differencing, Model ARIMA, dan Identifikasi model ARIMA
Pertemuan 10 & 11
Peramalan Dengan Model ARIMA 00:07:00
Materi utama pertemuan ini terdiri dari Identifikasi model, Menentukan model tentatif, Menduga parameter, Memeriksa kelayakan model, Mentukan model yang paling baik, Melakukan peramalan.
Pertemuan 12
Penerapan Peramalan dengan Aplikasi SWANSTAT 00:13:00
Materi utama pertemuan ini terdiri dari tahapan penerapan aplikasi SWANSTAT baik pada model ARMA maupun Model ARIMA.

Course Reviews

4

4
4 ratings
  • 5 stars0
  • 4 stars0
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0

No Reviews found for this course.

TAKE THIS COURSE
17 STUDENTS ENROLLED

 Bergabunglah Bersama Kami

SWAN merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang data analitik, survey metodologi, dan teknologi yang didirikan pada Februari 2016 dan secara konsisten memberikan pelayanan terbaik ke berbagai kalangan diantaranya mahasiswa, dosen, peneliti, perusahaan, dan lain-lain . Saat ini, kegiatan utama yang dilakukan SWAN adalah membuat aplikasi statistik yang user firiendly, jasa konsultansi, pelatihan, kajian keilmuan, serta survei pemetaan dan evaluasi. SWAN didukung oleh tim yang memegang gelar dari universitas-universitas terbaik yang selalu siap membantu memberikan solusi terhadap masalah-masalah anda.

SWAN juga turut aktif dalam melakukan edukasi statistika baik secara online maupun offline. Beragam kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk edukasi tersebut, diantaranya membuat video tutorial berbasis online, membuat artikel-artikel secara komprehensif dan berkelanjutan, melakukan diskusi-diskusi terbuka, melakukan seminar dan kegiatan-kegiatan inovatif lainnya untuk mencapai tujuan tersebut

Peserta Online

There are no users currently online
top
Copyright © 2018 PT. Angsa Statistika Indonesia

Salam Swanstat! Untuk Kontak layanan pelatihan, dashboard, survey, kerjasama, dan lain-lain, kami akan menghubungi Anda sesegera mungkin.

Kami Siap membantu anda