Skip links

PENGERTIAN MATLAB

PENGERTIAN MATLAB

Matlab adalah singkatan dari Matrices Laboratory yang dikembangkan oleh MathWork, dan termasuk bahasa pemrograman tingkat tinggi. Matlab dikembangkan sebagai Bahasa pemrograman sekaligus sebagai alat visualisasi yang menawarkan banyak kemampuan untuk menyelesaikan berbagai kasus yang berhubungan langsung dengan disiplin keilmuan Matematika, seperti bidang rekayasa teknik, fisika, statistika, komputasi dan modeling. Dengan memanfaatkan Matlab, pengguna dapat melakukan analisis data, mengembangkan algoritma, dan membuat model maupun aplikasi. Bahasa, tools, dan fungsi-fungsi built-in akan memudahkan pengguna untuk mengeksplorasi berbagai pendekatan dan memperoleh solusi dengan lebih cepat dibandingkan apabila menggunakan spreadsheets atau Bahasa pemrograman tradisional, seperti C/C++ atau Java™. Matlab menggunakan konsep Array/Matriks sebagai standar variabel elemennya tanpa memerlukan pendeklarasian array seperti pada bahasa lainnya. Array merupakan sekumpulan data yang diatur dalam baris dan kolom, dan diwakili oleh sebuah nama. Nilai setiap data dalam sebuah array dapat diakses dengan memasukkan nama dari array tersebut beserta posisinya dalam baris berapa dan kolom berapa. Dalam lingkungan pendidikan ilmiah Matlab menjadi alat pemrograman standart bidang Matematika dan Rekayasa. Dalam lingkungan Industri menjadi pilihan paling produktif untuk riset, komputasi dan analisa.

Pada tahun 2004, MathWorks mengklaim bahwa Matlab telah dimanfaatkan oleh lebih dari satu juta pengguna di dunia pendidikan dan industri. Matlab pertama kali diadopsi oleh insinyur kontrol, tapi lalu menyebar secara cepat ke berbagai bidang lain. Kini juga digunakan di bidang pendidikan, khususnya dalam pengajaran aljabar linear dan analisis numerik, serta populer di kalangan ilmuwan yang menekuni bidang pemrosesan citra.

Matlab memiliki beberapa keunggulan dibandingkan bahasa pemrograman yang lain, yaitu:

1. Matlab sangat handal untuk komputasi yang terkait dengan array atau matriks. Kehandalan ini bisa terlihat dari tidak diperlukannya pendefinisian ukuran (size) array
atau matriks pada variabel. Secara otomatis, size atau dimensi dari variabel bertipe
array akan menyesuaikan dengan array yang ditetapkan. Dengan kata lain ukuran untuk
variabel bertipe array ini bersifat dinamis. Dengan demikian, kita tidak perlu memikirkan
ukuran variabel yang diperlukan untuk suatu proses perhitungan.

2. Platform yang berdiri sendiri

3. Memiliki fungsi-fungsi bawaan (Predefined Function)

4. Memiliki perangkat yang berdiri sendiri untuk menampilkan gambar atau grafik

5. Memiliki GUI (Grapical User Interface).

Berikut di bawah ini merupakan karakteristik dari Matlab:

1. Bahasa pemrogramannya berdasarkan pada matriks (baris dan kolom)

2. Tersedia banyak toolbox untuk aplikasi-aplikasi khusus seperti; Simulink, Neural Network, State Flow, Data Acquisition Toolbox, Communications Blockset, Fuzzy Logic
Toolbox, Image Acquisition Toolbox, Signal Processing Blockset, dan lain sebagainya.

3. Dalam menulis kode programnya, tidak harus mendeklarasikan array terlebih dahulu.

4. Memiliki waktu pengembangan program yang lebih cepat dibandingkan dengan pemrograman tradisional seperti Fortran, dan C.

Leave a comment

This website uses cookies to improve your web experience.
Beranda
Konsultasi
Call Center
Cari Artikel
× Add a menu in "WP Dashboard->Appearance->Menus" and select Display location "WP Bottom Menu"