Skip links

UKURAN PEMUSATAN QUARTIL, DESIL DAN PERSENTIL SPSS

Ukuran Pemusatan Quartil, DESIL DAN PERSENTIL

Spss

Penulis: Muh Idham Kurniawan

Quartil merupakan nilai-nilai yang menyekat kumpulan data menjadi empat kelompok data yang masing-masing kelompok terdiri 25% amatan, nilai yang menyekat data menjadi empat kelompok tersebut dikenal dengan quartil 1 (Q1), quartil 2 (Q2), dan quartil 3 (Q3).

Desil merupakan nilai-nilai yang menyekat kumpulan data menjadi sepuluh kelompok data yang masing-masing kelompok terdiri 10% amatan, nilai yang menyekat data menjadi sepuluh kelompok tersebut dikenal dengan desil 1 (D1), desil 2 (D2), desil 3 (D3), desil 4 (D4), desil 5 (D5), desil 6 (D6). desil 7 (D7), desil 8 (D8), desil 9 (D9) dan desil 9 (D9).

Persentil merupakan nilai-nilai yang menyekat kumpulan data menjadi seratus kelompok data yang masing-masing kelompok terdiri 1% amatan, nilai yang menyekat data menjadi seratus kelompok tersebut dikenal dengan persentil 1 (P1), persentil 2 (P2), persentil 3 (P3), hingga persentil 99 (P99).

Untuk menentukan nilai quartil, Desil dan Persentil dengan mic excel dapat dilakukan dengan langkah-langkah:

  1. Buka file yang akan digunakan untuk mencari nilai quartil, Desil dan Persentil
  2. Untuk mencari quartile dan desil di SPSS tidak dapat digunakan oleh karena itu dapat menggunakan fungsi persentil karena desil 1 sama dengan persentil 10, desil 2 = persentil 20, dan seterusnya hingga desil 9 = persentil 90) sedangkan Quartile 1 = persentil 25, Quartile 2 = Persentile 50, dan Quartile 3 = Persentile 75
  3. Klik Analyze Descriptive Statistics Frequencies
  4. Pindahkan data ke kolom variable(s)
     
     
  5. Klik Statistics Percentile (s)
  1. Misalkan akan mencari persentil 75 atau Quartile 3, cukup mengetik angka 75 ke kolom yang disediakan sebelah percentile(s) seperti pada gambar dibawah ini
  2. Klik add Continue ok
  1. Persentile 75 atau Quartile 3 adalah 53 seperti pada gambar dibawah ini
     
Statistics
Contoh  
NValid150
Missing0
Percentiles7553.00

Leave a comment

This website uses cookies to improve your web experience.
Beranda
Konsultasi
Call Center
Cari Artikel
× Add a menu in "WP Dashboard->Appearance->Menus" and select Display location "WP Bottom Menu"